Kamis, 15 Oktober 2009

HINDARI KOLESTEROL DENGAN OLAHRAGA & BUAH


Warga belum banyak yang mengetahui penyebab strok sesungguhnya, warga berusia diatas 50 tahun itu memahami bahwa strok terjadi karena kolestrol menyumbat pembuluh darah dalam otak.
" Sebenarnya,secara langsung, tidak seperti itu," kata Direktur Medis Singapore Heart Stroke & Cancer Center Michael Lim saat ditemui diruang kerjanya dikawasan Orchard Road, Singapura.

Dekan di College of the Asia Pasific Society of Cardiology (CAPSC) itu menuturkan, didalam pembuluh darah terdapat dua macam kolesterol. Yaitu, kolesterol padat dan kolesterol lunak. Keduanya memiliki implikasi yang berbeda terhadap kesehatan.

Kolesterol lunak, kata Lim, mudah digelontor dengan obat. Dengan mengonsumsi obat-obat tertentu, kolesterol dapat hilang dari pembuluh darah. Namun kolesterol padat lebih sulit. Sebab, kolesterol jenis ini cenderung menempel dengan kuat pada dinding pembuluh darah.
Dari kolesterol padat itulah terjadi penyumbatan pembuluh darah terjadi. Itu, kata anggota Dewan Penasihat Ilmiah World Heart Federation tersebut, diawali dengan adanya kolesterol yang mengelupas dari dindingnya.

" Karena mengelupas, darah melihatnya sebagai benda asing. Karena itu, darah akan menutupinya kemudian membeku," tutur Lim. Nah, darah yang membeku itulah yang kemudian menyumbat pembuluh darah dalam otak. " Kemudian terjadilah strok karena suplai oksigen dan darah tidak sampai ke otak," katanya.

Kolesterol sebenarnya merupakan salah satu komponen lemak. Kendati memiliki efek buruk, tubuh masih membutuhkan sebagai salah satu zat gizi selain karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin. " Tapi kalau jumlah kolesterol berlebihan, ya jadi masalah, " katanya.

Karena itu, kata Lim, upaya yang paling tepat untuk kolesterol padat adalah dengan mengurangi konsumsi makanan berkolesterol. Selain itu, konsumsi buah-buahan harus ditingkatkan. "Tapi, yang tidak kalah penting adalah olah raga rutin. Itu tetap upaya yang paling efektif menjaga kesehatan pmebuluh darah." katanya.

Minum teh rossela setiap hari juga bisa membantu mengencerkan darah,sehingga anda aman dari stroke

Tidak ada komentar:

Posting Komentar