Kamis, 15 Oktober 2009

Minum Rosella kurangi Stress & Cegah Sariawan


Sariawan tentunya tidak asing lagi ditelinga kita. Sepertinya, itu penyakit ringan, tapi sangat menggangu. Sebab, makan jadi tidak enak karena bibir perih dan kadang-kadang badan pun panas dingin.

Sariawan yang menetap dan terjadi berkali-kali biasa disebut recurrent aphthous stomatitis (RAS). "Sariawan berulang-ulang muncul secara periodik. Misalnya, satu bulan atau dua bulan sekali." ungkap Dr drg Diah Savitri Ernawati Msi.



Penyebab utama sariawan masih belum jelas. Jadi mereka yang menderita RAS perlu diagnosis dan penanganan khusus untuk mengetahui penyebabnya. Perlu penelusuran dan wawancara yang mendalam dengan pasien.

Bila diduga karena alergi makanan, si pasien harus menghindari makanan pencetusnya. Beberapa buah yang rawan mengakibatkan alergi hingga terjadi sariawan diantaranya, semangka, sawo dan pepaya.

Bisapula, pemicunya faktor genetik atau keturunan. Jika seorang kakek sering sariawan, cucunya bisa mengalami sariawan juga dan kalau terkait dengan faktor keturunan mengatasinya adalah memperlambat waktu kambuh. Caranya meningkatkan daya tahan tubuh.

Stres memang menjadi salah satu pemicu seseorang mengalami sariawan.

Gangguan mental itu membuat mukosa menjadi sensitif yang berakibat mudah luka. Karena itu banyak orang ayng sulit sembuh dari sariawan meskipun sudah menjalani berbagai pengobatan. Menurunkan tingkat stres ikut mempercepat penyembuhan.

Ketidak seimbangan hormon juga ikut berpengaruh. Misal wanita mengalami sariawan menjelang menstruasi. Pengobatan sariawan berbeda-beda bergantung kondisi pasien.

Sariawan permanen perlu diwaspadai. Sebab hal itu dapat menjadi gejala timbulnya kanker rongga mulut. Biasanya orang meremehkan sariawan. Padahal, sariwan yang tak sembuh hingga dua pekan harus segera diperiksa secara detail. Bisa jadi itu tanda kanker.

Menutu data patologi anatomi terkini, kanker rongga mulut atau squamous cell carsinoma merupakan jenis kanker kesembilan yang paling sering diderita penduduk indonesia. Jenis kanker tersebut bisa menyebar dengan cepat ke organ dan jaringan tubuh yang lain. Antara lain kelenjar getah bening, paru-paru, rongga dada, dan otak. Pada kondisi ini, diperlukan pembedahan dan terapi.

Teh Rosella untuk cegah Sariawan
Dengan mengkonsumsi teh rosella setiap hari, maka pasokan vitamin C dalam tubuh akan semakin meningkat. Dengan vitamin C yang cukup, tubuh akan lebih prima karena daya tahan tubuh akan semakin meningkat. Daya tahan tubuh meningkat anda akan terhindari dari serangan penyakit sariawan yang sangat menggangu.
Teh Rosella baik diminum untuk semua usia, anak-anak, remaja & orang dewasa. Ganti teh biasa anda dengan teh rosella.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar