Kamis, 15 Oktober 2009

Beta Karoten mencegah KANKER


Teh Rosella mengandung banyak Beta Karoten yang bermanfaat bagi tubuh.
Dari 600 jenis karotenoid yang terdapat di alam, tetapi hanya 10% yang tergolong sebagai provitamin A, di antaranya adalah beta karoten. Zat gizi yang banyak dijumpai pada buah-buahan serta sayur-sayuran segar berwarna kuning, hijau dan merah ini ternyata tak hanya ampuh melawan radikal bebas tapi juga ampuh untuk melindungi tubuh dari pertumbuhan sel kanker.

Jika Anda adalah orang dewasa berusia di atas 25 tahun, kerap mengonsumsi alkoholm merokok serta tinggal di kawasan berpolusi maka bisa jadi Anda tergolong orang yang rentan mengalami kekurangan beta-karoten. Hal ini memicu berbagai gangguan kesehatan.

Manfaat beta karoten
Tak hanya ampuh melawan radikal bebas serta menjauhkan tubuh dari sel kanker. Beta karoten ternyata memiliki manfaat lain yang tak kalah hebatnya. Seperti:
1.Menjaga kesehatan jantung. Sebuah penelitian berhasil mengungkapkan bahwa orang yang darahnya mengandung beta karoten relatif tinggi, memiliki risiko rendah terhadap serangan jantung.
2.Melidungi tubuh dari efek buruk rokok dan polusi udara.
3.Melindungi seseorang dari ancaman alergi cahaya hingga 80%.
4.Membantu meningkatkan kekebalan tubuh.
Itu sebabnya suplemen beta karoten masuk dalam daftar pengobatan yang diberikan kepada pasien penderita AIDS.

Sumber beta karoten
Unsur nutrisi ini cukup banyak terkandung di dalam buah-buahan serta sayur-sayuran segar berwarna kuning, hijau dan merah seperti rosella, mangga, pepaya, wortel, brokoli serta kangkung dan bayam.

Dampak jika kekurangan
Daya tahan tubuh menurun sehingga Anda mudah jatuh sakit, kulit tampak kusam, berkeriput dan mudah mengelupas, kehilangan selera makan, dan rambut rontok.

Dampak jika kelebihan
Beta karoten tergolong aman bagi tubuh. Bila dikonsumsi dalam jumlah yang melebihi kebutuhan, maka akan dikeluarkan oleh tubuh melalui urin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar