Kamis, 15 Oktober 2009

Rosella HAmbat KATARAK


Konsumsi teh rosella bisa menjaga mata anda tetap sehat sampai usia senja.

Katarak adalah jenis penyekit (kerusakan) pada mata. Pada kondisi itu, kanta (lensa) mata menjadi keruh dan pupil berwarna keputihan (abu-abu). Pasien mengeluhkan mata kabur bersifat progresif, tidak disertai rasa nyeri (painless) pada mata, silau bila terkena cahaya terang, dan tampak bundaran semu disekitar cahaya. Penderita kerap menukar kacamata sampai mengalami kebutaan.

Katarak biasanya mengenai kedua mata dan berkaitan erat dengan mereka yang berusia lanjut, juga penyakit kencing manis yang tidak terkontrol. Apabila tidak segera diobati, mata menjadi permanen.

Katarak terjadi karena ada kerusakan struktur protein pada lensa mata. Sehingga terjadi gangguan penglihatan mata. Keluhannya, penglihatan menjadi kabur untuk melihat jauh maupun dekat. Kekeruhan mata bisa terjadi setiap saat. Mulai usia balita, remaja hingga usia lanjut.

Penyebab dan faktor resiko katarak sangat bervariasi. Stress (fisik maupun psikis) dan kekurangan gizi tertentu, seperti Vitamin C dan B1, asam folat, kalsium, serta selenium dapat mengakibatkan katarak.

Pada fase awal katarak, pemberiaan vitamin C dosis tinggi dapat menghambat progresivitas gangguan penglihatan. Untuk memperbaiki gangguan penglihatan pada penderita katarak, jalan terbaik dilakukan dengan operasi.

Sedangkan pencegahan katarak bisa dilakukan dengan banyak hal. Konsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin C, E, betakaroten, selenium atau vitamin B6 sangat dibutuhkan. Serta konsumsi makanan yang mengandung banyak protein, seperti asam amino glycine, asam glutamate dan sistein juga sangat diperlukan.

Itu sebabnya konsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan perlu dicukupi. Salah satu cara mudah untuk mendapat hal tersebut dengan secara rutin mengkonsumsi teh rosella.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar