Kamis, 15 Oktober 2009

Rosella Membuat Sel Otak Tetap Sehat


Saat lahir kita memiliki beberapa ribu sel otak, tapi jumlah ini dapat berkurang seiring bertambahnya usia. Pengurangan akan semakin cepat jika kita tidak maksimal dalam penggunaannya. Dari hasil penelitian diketahui sel otak hanya tumbuh pada bagian yang paling sering digunakan saja, sedangkan bagian yang tidak digunakan akan lebih cepat mati dan tidak berfungsi. Penurunan fungsi otak akibat terhambatnya nutrisi dan oksigen ke otak dapat dilihat menggunakan iridologi ditandai dengan adanya tanda Arcus Senelis. Apabila Anda tidak ingin terjadi penurunan sel otak, simak lima cara berikut:
Lakukan aktivitas fisik misalnya lari marathon atau fun run dengan teman atau sahabat (agar aktivitas ini jadi menarik). Penelitian menyimpulkan, aktivitas fisik meningkatkan jumlah sel otak pada hippocampus yaitu bagian otak yang mengatur memori dan proses belajar.
Lakukan sesuatu yang baru, misalnya mencoba makanan yang baru, wewangian yang berbeda, perjalanan ke daerah baru atau bertemu dengan orang yang baru. Jika Anda sering menggunakan tangan kanan, kerjakan sesuatu dengan tangan kiri atau sebaliknya, Atau kunjungi tempat-tempat baru, ciptakan sesuatu yang baru misalnya menggeluti seni atau menulis puisi atau membuat website atau apa saja yang mengolah mental dan kemampuan berfikir.
Secara rutin konsumsilah makanan yang mengandung Omega 3. Kebiasaan ini akan membantu sirkulasi oksigen ke otak dan memperbaiki membrane yang mengelilingi sel otak. Omega 3 terdapat pada ikan laut maupun tumbuhan. Selain itu Omega 3 berfungsi sebagai HDL (lemak tak jenuh) yang berfungsi melarutkan kolesterol. Tumpukan kolesterol pada otak akan berakibat menurunnya fungsi otak dan bisa berakibat stroke. Konsumsilah juga Teh Herbal.
Hindari junk food atau makanan yang mengandung hydrogenated oils. Lemak mengurangi aliran darah yang kaya oksigen ke otak dan menghambat metabolisme glukosa yang dibutuhkan otak untuk berfikir. Anda bias mengganti daging atau gorengan dengan ikan atau kacang-kacangan.
Konsumsilah antioxidant untuk menjaga jumlah sel otak. Antioxidant banyak terdapat pada Teh Rosella.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar