Kamis, 15 Oktober 2009

Cara Membuat Es Kelapa Sirup Rosella


Es Kelapa Sirup Rosella
Bahan A
1 buah kelapa muda
1 kaleng nata de coco

Bahan B
50 gr rosella kering
½ kg gula pasir
1000 ml air


Cara Membuat Sirup
Didihkan 1000 ml air, masukkan 50 gr Rosella kering. Matikan api dan tutup panci sampai +/- 30 menit.
Setelah seluruh rosella tenggelam, angkat seluruh rosella tersebut sampai tersisa airnya saja dalam panci tersebut kemudian masak kembali air teh rosella bersama ½ kg gula pasir.

Penyajian
Masukkan 5 atau lebih nata de coco pada gelas saji, serut daging kelapa muda. Tuangkan dengan air kelapa dan sirup rosella.
Siap dihidangkan dengan tambahan es batu.

Fakta dalam Air Kelapa Muda
Air kelapa muda mengandung unsur nitrogen yang di dalamnya berupa protein yang tersusun dari asam amino, seperti alanin, sistin, arginin, alin, dan serin. Dibandingkan asam amino yang terdapat di susu sapi, asam amino yang terkandung dalam air kelapa ternyata lebih tinggi.

Sementara unsur karbon dapat dijumpai dalam bentuk karbohidrat sederhana seperti glukosa, sukrosa, fruktosa, sorbitol, inositol, dan lainnya. Begitu pula dengan unsur mikro dalam air kelapa muda berupa mineral yang dibutuhkan sebagai penganti ion tubuh. Itu sebabnya, setelah minum kelapa muda tubuh Anda akan terasa kembali segar.

Air kelapa muda juga mengandung vitamin C yang dominan, asam nikotinat, asam folat, asam pantotenat, biotin, serta riboflavin. Tak heran jika air kelapa terkadang juga dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan tradisional sekaligus kecantikan.


Manfaat Air Kelapa Muda
Penetral racun. Air kelapa muda berkhasiat sebagai obat berbagai jenis penyakit. Terutama untuk menetralkan racun dalam tubuh.
Air kelapa berkhasiat sebagai diuretik, yaitu untuk memperlancar pengeluaran air seni. Air kelapa muda dicampur dengan sedikit sari jeruk sitrun bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi, juga untuk memerangi gangguan cacing dalam perut anak-anak kecil.
Menyembuhkan sakit disentri. Jika air kelapa terutama kelapa hijau diminum secara teratur pagi dan sore hari. Maka penderita disentri akan cepat pulih.
Menyembuhkan demam berdarah. Caranya, minumlah larutan campuran air kelapa muda hijau dengan air perasan jeruk nipis secara teratur sehari tiga kali. Akan lebih baik lagi jika ditambahkan sedikit garam dan madu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar